timeline and budgeting,,

Standard

ga terasa hari-h semakin dekat,, kalau aku tak mulai serius mengurusi persiapan pernikahan kayaknya ga bakal bisa beres sampai kapanpun,,

seperti kebiasaanku ketika jaman sekolah dan kuliah,, time table jadi senjata utama,, selain memang lebih teratur dan mudah dikerjakan, aku pun terlihat keren,, heey aku calon pengantin dengan time table,, yihiiiii,, #ngok

ya aku membuat tabel biasa di Ms. Excel dengan jejeran kolom dan lajur berwarna-warni,, warna2 ini bukan tanpa tujuan loh,, semua ada maksudnya,, tentu aja untuk mempermudah membaca tabel dan mengerjakannya,, (hmmmm masih mencari cara mengcapture halaman excel,,)

kolom pertama aku beri nama ACTIVITY,, berisi poin2 besar yang akan dikerjakan,, misal “foto prewedding”, “undangan”, “souvenir”, “trip bulan madu”,,

kolom kedua aku sebut dengan “DETAILS”,, yang adalah penjabaran dari masing2 ‘activity’,, contoh dalam activity “foto prewedding” aku beri details “tentukan tema foto”, “siapkan wardrobe”, “buat janji dengan fotografer”,,

kolom ketiga berisi “BUDGET”,, hal super penting yang paling bikin pusing dan pengen nangis,, ya smuanya harus dibuat budgetnya biar persiapan ga liar,, masing2 details yang perlu budget langsung aku cantumkan besarannya,, walau mungkin meleset, tapi paling tidak sudah ada patokan,, kalau di satu poin aku terlalu boros, poin lain bisa dihemat,,

kolom keempat diberi nama “CONTACT PERSON”,, kolom ini untuk nama dan nomor telepon vendor-vendor yang bersangkutan,, misal nomor telepon fotografer nomor telepon catering, nomor telepon toko undangan,,

*masih nyari cara buat ngapture halaman excel,, anybody help pleaseee??*

kolom kelima berjudul “DATELINE”,, mahajudul inilah yang memecut untuk bergerak sesuai jadwal,, semua activity dan detailnya harus diberi tenggat waktu,, kapan undangan harus selesai, kapan souvenir harus dipesan dll,,

dan kolom terakhir adalah nama-nama penganggung jawab masing-masing poin,, apakah aku atau dia,, kita yang memastikan persiapan ini berjalan sesuai timeline,, karena persiapan dilakukan di dua kota, maka jelas pembagian tugas masing-masing,, “dekorasi gedung nasional” menjadi tanggung jawabnya,, sementara “cincin” menjadi tanggung jawabku,, walaupun dalam persiapannya tetap dilakukan berdua, namun tetap ada penanggungjawabnya,, sekali lagi agar rapih dan…… keren! #ngok

aku juga memberi warna2 pada budget, yang menandakan poin mana yang harus dibayarkan sebelum acara berlangsung,, hehehehe,, fungsi penjumlahan di excel pun membantu kita dengan cepat, manakala kita merubah budget salah satu poin, maka jumlah total di bagian bawah tabel pun akan ikut berubah,,

jangan sampai lupa, setiap ada perubahan, aku selalu mengirimkan tabel ini ke calon suamiku via email,, agar sama-sama memantau dan mengingatkan,,

finally i was helped by a friend to capture the screen,, yeeay,, kira2 seperti ini tabelnya,, bisa dimodifikasi sesuai keinginan,,

15 responses »

  1. Hai sista… I really love reading ur story!! 😀
    btw boleh minta file excel mu ga jeung? Im sure it can be my angel for now.. thanks before jeung.. I hope ur family full blessed of God..:)

  2. Hi mbak, timeline and budgetingnya detail bgt, boleh minta file excelnya? masih bingung apa2 ajah yang musti disiapkan hehehe. thank you

  3. Hello kak feby, bagus banget nih timeline detailnya, kebetulan baru mulai nyusun planning nih. dan masih bingung ini itunya. ngeliat screenshoot file exel kakak kok komplit gitu, bisa jadi referensi, semoga. bolehkah sy minta file excelnya kak?

  4. Kak Feby, salam kenal. kebetulan lagi nyusun planning juga nih dan sy lihat kok bagus bener nih file excelnya. boleh sy minta filenya?

    • Say, sorry banget ya,, laptopku sempet ilang dan file itu ga aku simpen lagi. Bisa dikira2 aja bentuk tabelnya kayak gitu, disesuaikan aja sama kebutuhan persiapan kita.

Leave a reply to Maksimilianus Tegar Cancel reply