negara seribu pagoda

Standard

sebenarnya banyak cerita dan pikiran-pikiran yang merasuki otakku sejak berminggu-minggu yang lalu,,

ingin rasanya kutumpahkan menjadi tulisan yang aktual, tapi rasa lelah lebih berjaya menguasai seluruh badan dan kepalaku,, mendaratlah aku dengan sukses di atas kasur dengan hanya sempat membuka jejaring sosial, yang nampaknya menjadi menu wajib setiap kali terkoneksi dengan internet,,

jujur saja, beberapa minggu terakhir ini, aku cukup rajin melakukan riset terkait dengan rencana pernikahanku,,

banyak hal besar yang jelas tak bisa kuputuskan sendiri,, banyak hal penting lainnya yang tak bisa kulakukan hanya dari dalam kamar saja dengan modal laptop dan modem,, tapi satu langkah kecil saja sudah menjadi kesuksesan buatku,,

aku mencoba menimbang rencana bulan maduku nanti,, keinginan dan kemampuan harus berbanding lurus,,

setelah membuka beberapa situs yang terkenal sebagai penyedia biaya penerbangan murah, pilihanku jatuh pada maskapai Air Asia,, aku mencoba melihat beberapa penerbangan domestik dan regional dari Medan, yang akan menjadi kota dilangsungkannya pernikahanku,,

ternyata penerbangan ke beberapa negara Asia Tenggara masih jauh lebih murah bila dibandingkan dengan penerbangan ke destinasi wisata di Indonesia seperti Bali dan Lombok,, setelah mempertimbangkan Singapore, Kuala Lumpur, Penang dan Bangkok, aku pun jatuh cinta pada Bangkok,,

beberapa pertimbanganku :

  1. Bangkok punya ciri khas wisata yang beragam, mulai dari wisata alam dan wisata budaya,, dari Bangkok sangat umum bergeser ke Pattaya ataupun Phiphi Island yang terkenal dengan pantainya,, Thailand pun terkenal dengan kuil-kuilnya yang megah,,
  2. Nampaknya biaya hidup di Bangkok tidak terlalu mahal (mudah-mudahan aku ga salah), terutama bila dibandingkan dengan Singapore (yang sangat modern dan mahal). Aku memastikan hal ini dari teman lamaku yang saat ini berdomisili di Singapore. Manfaatkan koneksi teman atau saudara yang ada di negara tujuan. Kita bisa tanya perkiraan biaya satu kali makan dan harga tiket/karcis bus untuk mobilitas.
  3. Harga penginapan di Bangkok juga ternyata relatif terjangkau. Buatku siang hari waktunya menjelajah ke berbagai tempat dengan cara yang biasa dan murah seperti naik bus atau berjalan kaki. Jauh lebih terasa liburannya. Namun bulan madu tetaplah bulan madu. Suasana nyaman kamar tidur di malam hari cukup penting buatku. Satu situs yang bisa digunakan untuk melihat harga hotel di beberapa negara di Asia adalah www.expedia.co.id
  4. Tergantung motivasi kita pribadi dan kebutuhan kita akan bulan madu. Salah satu keinginanku adalah hunting foto, dan aku justru tertarik dengan kehidupan masyarakat Bangkok sehari-hari,, termasuk float market, pasar tradisional, jajanan pinggir jalan, dll.

Aku akhirnya memesan tiket pesawat untuk perjalanan 5 hari 4 malam Medan-Bangkok-Medan. Tentang detil destinasiku dan suamiku nantinya di sana, belum aku susun secara rinci karena aku masih butuh banyak riset. Entah ini cara cerdas atau licik, aku membuka beberapa paket perjalanan bulan madu atau liburan ke Bangkok milik sejumlah travel, dan aku mencatat tempat-tempat yang mereka kunjungi dan deskripsinya. Aku pun mengunduh peta Bangkok untuk mencari lokasi-lokasi wisata yang aku pilih dan hotel terdekat serta jalur transportasi yang akan aku gunakan nantinya. Mantap, semua hanya dengan laptop+modem+kemauan. tapi memang semuanya belum final. Masih dalam proses pematangan. Tapi paling tidak, tiket sudah kupesan, dan itu sebuah kemajuan buatku. Yeeeeay!!

Detil rencanaku akan aku post juga disini. Segera!

Leave a Reply

